21 Jan
Evaluasi Kebijakan Impor, DPR Panggil Asosiasi Bawang Putih

Taufik Fajar, Jurnalis ยท Senin 20 Januari 2020 11:51 WIB


RDP Komisi IV DPR RI dengan Pengusaha (Foto: Okezone.com/Taufik Fajar)


JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU), bersama perkumpulan pengusaha bawang putih dan aneka umbi Indonesia. Pasalnya, hal ini terkait akan kebijakan impor.


RDPU itu, dipimpin oleh Ketua Komisi IV Sudin tersebut dimulai sekitar pukul 10.31 WIB dari agenda awal pukul 10.00 WIB. "Rapat ini dimulai dari pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB jika kurang nanti akan kita tambah lagi," ujar Sudin di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/1/2020).


Menurut dia, RDPU ini mengenai evaluasi kebijakan impor dan swasembada benih bawang putih. Di mana Komisi IV ingin mendengar tanggapan terhadap perubahan kebijakan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).


"Dan ingin mendengar pendapat kemudian dicari solusinya," ungkapnya.

Seperti diketahui, impor komoditas pangan selama ini diketahui sangat menjanjikan, utamanya bawang putih yang hingga saat ini sekitar 95 persen dipenuhi kebutuhannya melalui impor.


Disparitas harga yang cukup lebar, antara harga di negara asal dan dalam negeri sangat menguntungkan bagi importir. Karenanya, cita-cita swasembada bawang putih di tahun 2021 menghadapi tantangan yang berat.


(rzy)

(Sumber : okezone.com)