02 Jan
Kadin Langsa Mulai Impor Minuman dan Makanan dari Pelabuhan Kuala Langsa

Berita Langsa

Senin, 30 Desember 2019 20:34

 

For Serambinews.com

Buruh bongkar muat sedang mengangkut makanan dan minuman dari kapal di Pelabuhan Kuala Langsa. 

Laporan Zubir | Langsa


SERAMBINEWS.COM, LANGSA -- Ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa mulai berjalan. Bulan Desember 2019 ini sudah dua kali dilakukan impor makanan dan minuman dari luar negeri oleh pihak Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Langsa.


Saat masuknya barang impor yang kedua di Pelabuhan Kuala Langsa, Minggu (30/12/2019), anggota Komisi I DPR-RI, Ilham Pangestu, yang kebetulan sedang melakukan reses langsung meninjau aktifitas impor itu.


Ikut mendampingi Ketua Kadin Kota Langsa Abdul Hadi Abidin, Pengusaha muda Kota Langsa, H Maimun akrap disapa Remon, Wakil Ketua DPRK Langsa, Saifullah, serta sejumlah tokoh pemuda.


Di pelabuhan itu Ilham Pangestu yang merupakan putra Kota Langsa, Kepala Pelindo Perwakilan Langsa, Nova Indrawan, Kasie Penindakan dan Penyidikan KPPBC Kuala Langsa, Zacky Taufiq.


Ketua Kadin Kota Langsa, Abdul Hadi Abidin (Adi Maros), mengatakan, Minggu sore itu sebanyak 50 ton jenis produk makanan dan minuman asal luar negeri melalui pelabuhan ini.


Berapa waktu sebelumnya, atau untuk yang pertama pihaknya juga telah memasukan minuman dan makanan via Pelabuhan Kuala Langsa sekitar 70 ton.


"Kita telah memulai aktivitas ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa, dan ini yang kedua kalinya dalam bukan Desember 2019. Alhamdulillah kegiatan jni berjalan lancar," ujarnya.


Adi Maros menambahkan, pekerja bongkar muat di Pelabuhan Kuala Langsa semuanya memakai jasa tenaga warga Kota Langsa. Pihak Pelindo dan Bea Cukai juga sangat membantu proses ekspor dan impor ini.


Bahkan dalam waktu dekat ini, Kadin bersama sejumlah pengusaha Kota Langsa, juga akan melakukan ekspor berupa batang serei, cangkang sawit, nilam ke negara Thailand dan Malaysia.


Kini semua barang yang akan dieskpor via Pelabuhan Kuala Langsa itu sedang dalam tahap pengepulan, dan InshaAllah pekan ini akan barang itu sudah dikirim ke negara tujuan.


Adi Maros juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, Muspida, Pelindo, dan KPPBC Kuala Langsa, dan elemen masyarakat yang telah mendukung kegiatan ekspor dan impor ini.


"Kami mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota dan semua unsur, sehingga ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama," imbuhnya.


Anggota Komisi I DPR-RI, Ilham Pangestu, dalam kesempatan itu, meminta pihak Pelindo dan KPPBC Kuala Langsa membantu sepenuhnya kelancaran aktifitas ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa.


"Namun demikian, prosedur dan ketentuan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya," ujar Ketua Partai Golkar Langsa ini.


Dirinya sebagai putra Kota Langsa juga memiliki tanggung jawab moral untuk terus membantu, mensupot, dan memperjuangkan aktifitas eksportl dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa.


"Meskipun ini bukan bidang atau komisi saya di DPR-RI, tapi saya akan tetap membantu mensupot kelancaran ekspor dan impor di Pelabuhan Kuala Langsa, agar pelabuhan ini beraktivitas seperti pelabuhan lainnya di Indonesia," tutup Ilham. (*)


(Sumber : tribunnews.com)