08 Nov
Impor Garam Australia oleh Indonesia Paling Tinggi? Segini Angka dan Faktanya

November 7, 2019 by Boby

 

Indonesia Impor Garam dari Australia (Shutterstock).

Indonesia ternyata masih perlu impor garam buat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Produksi garam dalam negeri yang kurang mampu memenuhi permintaan menjadi penyebab kenapa keputusan impor diambil.


Seperti yang diberitakan Kompas pada Selasa (5/11), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan Pemerintah terpaksa mengambil keputusan impor garam. Keputusan bisa aja gak diambil asalkan ketersediaan garam bisa mencukupi kebutuhan.


Persoalan minimnya ketersediaan garam industri di Indonesia kata Menteri Edhy sedang dibereskan dengan disiapkannya lahan di Nusa Tenggara Timur (NTT) buat menghasilkan garam industri. Terus Pemerintah juga mengembangkan teknologi geomembran buat meningkatkan kapasitas produksi garam.


Balik lagi ke persoalan impor garam, dari manakah garam yang datang ke Indonesia berasal? Ada tujuh negara ditambah sumber-sumber lain yang gak disebutkan secara spesifik yang menjadi eksportir garam ke Indonesia sebagaimana yang tercantum dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018.


Negara-negara yang menjadi pemasok garam ke Indonesia, di antaranya Australia, India, Tiongkok, Selandia Baru, Singapura, Jerman, Denmark, dan lainnya. Nah, garam yang berasal dari Australia yang ternyata paling banyak didatangkan ke Indonesia. 


Menarik buat diulas, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai Australia yang melakukan ekspor garam ke Indonesia. Yuk, disimak.


1. Indonesia impor garam dari Australia sebanyak 2.603.186 ton

Australia menjadi salah satu negara pemasok garam di Indonesia (Shutterstock).

Data BPS mencatat kapasitas impor garam Indonesia yang mencapai angka 2.839.077,4 ton pada tahun 2018. Kapasitas impor ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 2.552.823,2 ton.


Dari banyaknya garam impor tersebut, Australia tercatat menjadi negara yang dipilih garamnya buat didatangkan ke Indonesia. Garam Australia yang masuk ke Indonesia mencapai 2.603.186 ton. Sementara di urutan kedua ada India yang memasok garam sebanyak 227.925,6 ton.


2. Produksi garam Australia tembus 12 juta ton, lebih tinggi dari Indonesia

Garam tengah diproduksi (Ilustrasi by Shutterstock).

Ada 10 negara penghasil garam dengan volume tertinggi di dunia. Dari data yang disajikan Statista, negara-negara dengan produksi garam tertinggi di dunia, antara lain China, Amerika Serikat, India, Jerman, Kanada, Australia, Cile, Meksiko, Brazil, hingga Belanda.


Australia bisa masuk dalam jajaran negara dengan penghasil garam terbesar karena produksinya yang tembus 12 juta ton pada tahun 2018. Dengan kapasitas produksi sebesar itu, gak heran kalau Australia menjadi eksportir garam terbesar di dunia.


Sebagai perbandingan, produksi garam Indonesia cuma berada di angka 1 jutaan ton pada tahun 2017 dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sementara PT Garam (Persero) sebagai BUMN yang memproduksi garam mencatat angka produksi sebesar 343.751 ton pada tahun 2017.


3. Nilai ekspor garam Australia paling tinggi dengan angka US$ 309 juta

Nilai ekspor garam Australia paling tinggi (Shutterstock).

Dalam data yang disajikan The Observatory of Economic Complexity (OEC), nilai ekspor garam secara global mencapai US$ 2,39 miliar pada tahun 2017. Australia tercatat sebagai negara yang nilai ekspor garamnya tertinggi di dunia dengan nilai US$ 309 juta.


Data tersebut juga merinci kalau penyumbang nilai ekspor garam Australia ternyata datang dari Indonesia dengan nilai US$ 128 juta atau persentasenya 42 persen. Di urutan kedua ada Jepang dengan nilai US$ 74,4 juta dan di urutan ketiga ada China dengan nilai US$ 29,1 juta.


4. Garam yang diproduksi Australia dihasilkan dengan proses penguapan

Produksi garam di Australia sejauh ini masih dengan cara penguapan (Shutterstock).

Produksi garam di Australia sejauh ini masih dengan cara penguapan. Walaupun begitu, kabarnya ada rencana buat membuka tambang garam di Australia Tengah.


Australia Barat adalah wilayah sumber penghasil garam terbesar. Wilayah ini bisa memproduksi garam hingga 8 juta ton atau sekitar 80 persen dari total produksi garam Australia. Produksi garam tersebut dipusatkan di area Dampier dan Danau Macleod.


Itu tadi informasi seputar impor garam Indonesia yang ternyata datang dari Australia. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).


(Sumber : moneysmart.id)