• Fri, 17 August 2018
10 Aug
PRODUKSI GULA : Progres Giling Tebu PTPN XI Capai 50%

Kamis, 09/08/2018 02:00 WIB



SURABAYA — Proses giling tebu di pabrik gula PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI hingga saat ini sudah mencapai sekitar 50% dari target produksi gula sebanyak 410.383 ton.

Direktur Komersil PTPN XI Sucipto Prayitno mengatakan proses giling tahun ini berjalan dengan baik apalagi didukung oleh cuaca dan rendemen yang bagus. Hanya saja tanam tebu para petani saat ini tidak sebanyak tahun sebelumnya.

"Ini mungkin karena harganya tahun lalu tidak terlalu bagus sehingga ketertarikan untuk menanam tebu itu berkurang," katanya di sela-sela pelepasan relawan PTPN untuk gempa bumi Lombok, Rabu (8/8).

Tahun ini PTPN XI memperoyeksikan bisa menggiling tebu sebanyak 5 juta ton. Rendemen gula saat ini rata-rata sekitar 7% dan tertinggi ada di PG Pradjekan.

Tahun lalu, PTPN XI mampu menggiling tebu sebanyak lebih dari 4,2 juta ton dan menghasilkan produksi gula mencapai 312.589 ton. Dari kinerja tahun lalu, perseroan mampu memperoleh laba Rp31,4 miliar.

Sucipto menambahkan, perseroan juga tengah berupaya memperluas lahan tebu untuk memenuhi kebutuhan giling di masa yang akan datang. Salah satu upaya tersebut diwujudkan dengan kerja sama pemanfaatan lahan dengan Koperasi Agro Tani Mandiri dan Provinsi Bali.

Perluasan lahan dilakukan di wilayah Buleleng Bali dengan rencana lahan seluas 4.000 ha. Tahun ini di Gerokgak Buleleng sudah 48,5 ha yang telah ditanami tebu dan seluas 300 ha dalam tahap land clearing."Diharapkan sampai akhir tahun bisa ditanami tebu sampai 1.200 ha," imbuhnya.

Dia mengaku bersyukur tahun ini Perum Bulog telah berkomitmen untuk membeli gula para petani rakyat dengan harga Rp9.700/kg. Pada tahap pertama, gula petani rakyat di PTPN XI telah dibeli Bulog sebanyak 35.000 ton.

"Yang tahap pertama 35.000 ton sudah selesai dibayar dan semua lancar. Terima kasih untuk Bulog dan pemerintah sehingga petani sangat tertolong karena harga yang terbentuk di pasar memang masih belum bagus," jelasnya.

Setidaknya, lanjut Sucipto, pembelian gula petani oleh Bulog bisa meningkatkan semangat dan gairah para petani untuk terus menanam tebu.

Diketahui, Bulog berkomitmen untuk membeli gula petani yang digiling oleh sejumlah PTPN tahun ini yakni sebanyak 600.000 ton. Selain PTPN XI, Bulog juga membeli gula PTPN X sebanyak 28.000 ton.

"Kalau gula milik PTPN sendiri akan kita jual di pasar secara mandiri. Dari total produksi kami, sebanyak 66% merupakan milik petani rakyat dan 34% merupakan upah giling untuk pabrik gulanya," jelasnya. (Peni Widarti)

(sumber: Bisnis)