• Sun, 20 August 2017
06 Apr
Produsen Belgia Ramaikan Pasar Indonesia

Rabu, 05/04/2017

 

Bisnis.com, Jakarta — Produsen pangan Belgia masuk ke Indonesia menawarkan bahan baku dan teknologi produk premium specialty kepada produsen makanan dan minuman di Tanah Air.


Promotion Manager Dairy Products, Flanders’ Agricultural Marketing Board, Frederik Vandermersch mengatakan perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia membuat perusahaan-perusahaan produsen susu asal Belgia tertarik masuk ke pasar Indonesia.


Perusahaan-perusahaan tersebut mencari peluang memasarkan produk bahan baku susu, teknologi, dan produk jadi lewat kerja sama dengan perusahaan lokal.


“Saya tahu Indonesia saat ini berusaha meningkatkan pasokan susu lokal. Namun, pertumbuhan permintaan membuat saat ini baru 20% dari kebutuhan industri bisa dipasok oleh peternak lokal. Ini yang kami nilai sebagai peluang,” kata Vandermersch di Kediaman Duta Besar Belgia untuk Indonesia, Selasa (4/4/2017).


Dia menyatakan produsen produk susu (dairy) asal Belgia siap berkompetisi dengan produsen susu asal Australia dan Selandia Baru yang saat ini dominan sebagai pemasok bahan baku bagi industri di pasar Tanah Air.


Vandermersch menilai produsen asal Belgia yang berskala lebih kecil dibandingkan perusahaan-perusahaan raksasa asal kedua negara tersebut. Skala yang lebih kecil memberikan produsen asal Belgia memiliki lebih banyak waktu melayani produsen asal Indonesia.


Dia menjelaskan kerja sama antara industri pangan biasanya membutuhkan waktu yang panjang untuk memastikan kualitas pasokan hingga pengembangan produk. Waktu yang panjang membuat produsen Indonesia pangan Indonesia bisa mengembangkan produk unik (specialty) atau premium bekerja sama dengan produsen Belgia.


“Produk dairy dari Belgia ada berbagai macam, namun salah satu produk kami yang paling populer misalnya mozzarela. Produk lain adalah susu bubuk hingga mentega,” kata Vandermersch.


Lima produsen susu rencananya akan memamerkan produk dan teknologi mereka di pameran Food & Hotel Indonesia 2017.


Perusahaan-perusahaan tersebut adalah produsen susu dan mozzarella bernama Milcobel, produsen susu organik bernama Solarec, perusahaan produsen whipping cream dan bahan baku es krim bernama Olympia, perusahaan di sektor industri susu bernama Eurofit, dan perusahaan produsen mentega bernama Agral.


(Sumber: KoranBisnisIndonesia)